Menurut Wijayanti (www//http.co.id.tentang perpustakaan online: tanggal 30-03-2010) Perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang melayani siswa, guru dan karyawan dari suatu sekolah tertentu. Perpustakaan sekolah didirikan untuk menunjang pencapaian tujuan sekolah, yaitu pendidikan dan pengajaran seperti digariskan dalam kurikulum sekolah. searah itu pula, menurut Sutarno (2003: 7), "Perpustakaan adalah suatu ruangan, bagian dari gedung/bangunan, atau gedung itu sendiri, yang berisi buku-buku koleksi, yang disusun dan diatur sedemikian rupa sehingga mudah dicari dan digunakan apabila sewaktu-waktu diperlukan untuk membaca". Sedangkan menurut Larasati (1991: 11), "Perpustakaan adalah satu unit kerja yang berupa tempat penyimpan koleksi bahan pustaka yang diatur secara sistematis dengan cara tertentu untuk digunakan secara berkesinambungan oleh pemakainya sebagai sumber informasi".
Menurut Depag RI (dalam Sukardi, 2005: 11), "Perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang diselenggarakan di lingkungan sekolah sebagai penunjang proses belajar mengajar di sekolah". Menurut Syahrial R. Pamoentjak (1986: 4), "Perpustakaan sekolah adalah Perpustakaan yang ada dalam lingkungan sekolah, baik sekolah dasar, lanjutan, baik yang berupa sekolah bersifat umum maupun kejuruan". Sedangkan menurut Sumarji (dalam Sukardi, 2005: 11), "Perpustakaan sekolah merupakan perpustakaan milik sekolah baik SLTA, SLTP, maupun SD dan TK yang digunakan sebagai sarana melaksanakan tugas-tugas pendidikan mengajar di sekolah".
Menurut Rohanda (2000: 2) fungsi perpustakaan yaitu sebagai pusat kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan pendidikan seperti tercantum dalam kurikulum sekolah, pusat penelitian sederhana yang memungkinkan para siswa mengembangkan kreativitas dan imajinasinya, dan pusat membaca buku-buku yang bersifat rekreatif dan mengisi waktu luang (buku-buku hiburan).
Menurut SK Mendikbud no. 0103/0/1981 tanggal 11 Maret 1981 (dalam Rohanda, 2000:1), perpustakaan sekolah mempunyai fungsi sebagai:
- Pusat kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan pendidikan seperti tercantum dalam kurikulum sekolah.
- Pusat penelitian sederhana yang memungkinkan para siswa mengembangkan kreativitas dan imajinasinya.
- Pusat membaca buku-buku yang bersifat rekreatif dan mengisi waktu luang (buku-buku hiburan).
Hal ini juga dijelaskan oleh Wijayanti (www//http.co.id.tentang perpustakaan online: tanggal 30-03-2010) fungsi perpustakaan sekolah adalah:
- Sebagai sumber kegiatan belajar mengajar, yaitu membantu program pendidikan dan pengajaran sesuai dengan tujuan yang terdapat dalam kurikulum. Mengembangkan kemampuan anak menggunakan sumber informasi. Bagi guru, perpustakaan merupakan tempat untuk membantu guru dalam mengajar dan memperluas pengetahuan.
- Membantu siswa untuk memperjelas dan memperluas pengetahuannya pada setiap bidang studi. Oleh karena itu, perpustakaan dapat dijadikan sebagai semacam laboratorium yang sesuai dengan tujuan didalam kurikulum.
- Mengembangkan minat dan budaya membaca yang menuju kebiasaan belajar mandiri.
- Membantu siswa dalam mengembangkan bakat , minat, dan kegemarannya.e. Membiasakan siswa untuk mencari informasi di perpustakaan. Kemahiran siswa untuk mencari informasi di perpustakaan akan menolongnya untuk mampu belajar secara mandiri dan memperlancar dalam mengikuti pelajaran selanjutnya;
- Merupakan tempat untuk mendapatkan bahan rekreasi sehat melalui bukubuku bacaan yang sesuai dengan umur dan tingkat kecerdasan siswa.
- Memperluas kesempatan belajar bagi siswa.
Tujuan Perpustakaan Sekolah
Menurut Saleh (dalam Sukardi, 2005:11), tujuan perpustakaan sekolah adalah:
- Untuk menimbulkan, menanamkan, serta membina minat anak membaca, sehingga membaca merupakan suatu kebiasaan bagi siswa agar membaca menjadikan kegemarannya.
- Untuk memperluas pengetahuan siswa dengan menyediakan berbagai buku-buku pengetahuan.
- Ikut membantu perkembangan bahasa dan daya pikir siswa, dan tujuan memberikan dorongan kepada peserta didik ke arah self studi.
Selain tujuan tersebut di atas, apabila mengikuti perkembangan jaman adalah penggunaan perpustakaan komputerisasi. Dengan tingkat teknolagi yang canggih ini senantiasa mendukung informasi pendidikan yang lebih modern, diantaranya adalah perpustakaan dengan komputerisasi. Tujuan penerapan teknologi informasi di perpustakaan adalah memungkinkan ketersediaan informasi yang lebih banyak, lebih berkualitas, lebih cepat, dan akurat disamping mempermudah sistem pelayanan.
Kemajuan pesat dibidang teknologi informasi dalam tahun-tahun terakhir ini telah mendorong perpustakaan, sebagai salah satu komponen pengelola informasi, untuk memanfaatkan kemajuan tersebut. Untuk memenuhi kebutuhan pengguna/pengunjung dalam menelusuri dan meminjam koleksi, perpustakaan mulai menerapkan teknologi komputer yang sederhana dan terjangkau. Pemanfaatan teknologi modern itu diharapkan dapat memperbaiki kinerja perpustakaan dan meningkatkan kepuasan pengguna/pengunjung. Komputerisasi perpustakaan dalam arti yang sebenarnya adalah dipakainya komputer dalam setiap tahap pekerjaan perpustakaan secara terintegrasi dengan menggunakan system tertentu. Ini berarti bahwa mulai dari tahap pengembangan, pengolahan, penelusuran sampai dengan peminjaman dan pengembalian koleksi perpustakaan dikerjakan dengan sistem komputer yang sama.
PERPUSTAKAAN SMPNEGERI 1 LABUHAN DELI :
A. PROFIL PERPUSTAKAAN
Kepala sekolah : H. Indrasyah Sitompul, S.Ag, MA
Rombel : 28
Jumlah Guru : 63 orang
Jumlah Staf : 12 orang
Jumlah siswa : 1039 orang
Akreditasi : A (2018)
NPSN : 10218509
Tahun Berdiri : 1983
Alamat : Jl. Veteran Pasar IV
Helvetia, Labuhan
Deli. Kab Deli
Serdang
Pendirian : 20 Nopember 1984. Kep Menteri Pend dan Kebud RI no 0557/0/1984
NPP : 1207251D1000003
B. KOLEKSI
Jenis Koleksi :
- Buku meliputi buku bacaan, buku teks, buku penunjang kurikulum, buku referensi dan buku biografi
- Terbitan berkala meliputi majalah, koran
- Audio
visual meliputi cd video pembelajaran Jumlah Koleksi :
- Rasio Buku teks dengan jumlah siswa 1 : 1
- Rasio Buku penunjang pembelajaran
lebih dari 1 : 1
- Perpustakaan menambah koleksi dari BOS Buku dan sumbangan sukarela dari siswa/i kelas IX
- Berlangganan koran
C. SARANA PRASARANA
Gedung :
Gedung Perpustakaan SMP Negeri 1 Labuhan Deli
Luas Bangunan : 16 x 16 m = 256 m2
Terdiri dari 5 ruang :
1.Teras
2. Ruang/ area baca lesehan dan pajangan buku referensi dan koleksi fiksi dan non fiksi.
3. Ruang Perpustakaan Multimedia merangkap area baca dan koleksi non fiksi
4. Kantor Kepala Perpustakaan merangkap area referensi.
5. Kamar mandi
6. Gudang
D. LAYANAN
Jam buka Perpustakaan : Dari pukul 07.30 sd 17. 00 WIB
Jenis Layanan Perpustakaan :
- Layanan Baca di tempat
- Layanan sirkulasi
- Layanan referensi
- Layanan teknologi dan informasi
- Layanan peminjaman buku dengan system elektronik (scan barcode)
Promosi Perpustakaan :
Perpustakaan mengadakan promosi dalam bentuk mading perpustakaan, buku baru, mengadakan lomba yang berkaitan pemanfaatan perpustakaan dalam event – event tertentu baik di sekolah maupun di luar sekolah









Tidak ada komentar:
Posting Komentar